Selamat Datang di Blog LSM P3AN

AKTA NOTARIS SITI AMINAH, SH, NOMOR 210 TANGGAL 26 OKTOBER 2011

Kantor Pusat : Jl . William Iskandar Kab Asahan – Perwakilan : Jl. Jend. Sudirman KM. 2 Tanjungbalai- Jl. Merdeka Batu Bara Telp : 081396521601 - 082364315553

Jumat, 10 Februari 2012

Kondisi SMA Negeri 5 Tanjungbalai Kian Memprihatinkan


EDISI 17-23 OKTOBER 2011

Kondisi SMA Negeri 5 Tanjungbalai Kian Memprihatinkan

Liputan :
Rahdiansyah Pane, ST
Litbang Bikas


Tanjungbalai ( Bikas ),
Kondisi SMA Negeri 5 Tanjungbalai yang terletak di Kecamatan Sei. Tualang Raso kian memprihatinkan. Pasalnya, ruang belajar siswa kini mengalami kerusakan serius pada dinding ruangan sehingga dikhawatirkan roboh dan tentunya dapat menggangu kenyamanan proses belajar mengajar.

Demikian disampaikan Pengurus Harian Lembaga Swadaya Masyarakat Peduli Pembangunan dan Penyelamat Aset Negara ( LSM P3AN ), Wahyu Hidayat ST, didampingi Erwinsyah Putra RA. Hasibuan, ST, M. Irwansyah ST, Iwan Armanda Lana, ST dan Suryadi Budiman Pasaribu, SE, saat melakukan pantauan kelokasi SMA Negeri 5 Tanjungbalai, Kamis ( 13/10 ).

Menurut mereka, beberapa ruangan SMA Negeri 5 tidak layak digunakan sebagai ruang belajar karena kerusakannya cukup parah yaitu di beberapa titik dinding retak memanjang dan tiang kolom tidak lagi berdiri kokoh. Kondisi bangunan seperti ini tidak mampu menahan beban yang ada diatas maupun disekelingnya sehingga sewaktu – waktu dapat roboh yang akhirnya membahayakan keselamatan siswa dan guru.

“ Kami meminta Pemerintah Kota melalui Dinas Pendidikan Tanjungbalai harus melakukan perbaikan ruang sekolah tersebut agar para siswa dan guru merasa nyaman berada diruang kelas sehingga proses belajar mengajar menjadi lancar, terang Wahyu Hidayat, ST ”. Selain itu, lanjut Ketua Bidang Partisipasi Pembangunan LSM P3AN ini, pihak Dinas Pendidikan harus mengawasi secara baik pembangunan infrastruktur Sekolah yang dilakukan oleh pihak kontraktor, baik berupa bangun ruang baru maupun rehab agar berkualitas dan lebih tahan lama.


Bukan seperti SMA Negeri 5 ini yang bangunannya tergolong baru telah mengalami kerusakan yang begitu parah. Hal ini disebabkan kurangnya kepedulian dan tanggungjawab berbagai pihak dalam menciptakan pembangunan yang berkualitas, termasuk fisik bangunannya sehingga setiap pembangunan infrastruktur terkesan asal jadi dan lebih mengutamakan keuntungan semata, tegas Wahyu.

“ Oleh karena itu, tidak hanya pihak Dinas atau pemerintah yang melakukan pengawasan, melainkan masyarakat dan elemen lainnya dapat berpartisipasi mengawal pembangunan di Kota Tanjungbalai agar berkualitas, transfaran, akuntabel dan bermanfaat bagi masyarakat.


Wakil Sekretaris LSM P3AN, Erwinsyah Putra RA. Hasibuan, ST, menambahkan, saat ini pihaknya turun keberbagai lokasi pembangunan infrastruktur di Kota Tanjungbalai, termasuk di Dinas Pendidikan berupa pembangunan Perpustakaan, Ruang Kelas Baru serta infrastruktur lainnya guna melakukan partisipasi pengawasan.

“ Kami masih mempelajari dan menghimpun informasi data terkait pelaksanaan pembangunan infrastruktur tersebut apakah telah memenuhi petunjuk yang ada berupa bestek, Rencana Anggaran Biaya ( RAB ) maupun standart teknis, ujar Erwinsyah “. Harapannya, pelaksanaan infrastruktur apapun di Tanjungbalai dapat memenuhi petunjuk tersebut sehingga terwujud pembangunan yang berkualitas dan berkelanjutan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar